Rabu, 11 Februari 2015

Tips Sukses Menyelenggarakan Pesta Pernikahan Murah Mudah Tanpa WO



Pesta  Pernikahan adalah acara yang sakral dan moment penting  setiap orang termasuk anda tentunya , dengan harapanya dilakukan sekali seumur hidup. Gambara pernikahan yang merupakan awal dari kehidupan baru, harapan baru, mimpi baru yang dibangun tidak sendiri tetapi dengan pasangannya sehingga suses merancang perta pernikahan adalah kunci sukses menyelenggarakannya. Dizaman serba modern ini menyelenggarakan pernikahan  dapat dilakukan dengan 2 cara, pertama menggunakan  WO (Wedding organizer),  saat ini banyak sekali penyedia layanan ini yang siap membantu dengan berbagai paket pernikahannya mulai yang hanya hari H atau paket  lengkap dari sebelum sampai hari H. Tentunya dengan biaya WO  sesuai dengan fasilitasnya. Kedua, Tanpa WO (mandiri) calon pengentin akan lebih leluasa merancang  konsep sesuai keinginan and dan tentunya akan lebih murah dengan pengorganisasian yang bagus. Kali ini saya akan membantu mencapai sukses dengan merincikan pengorganisasian  pesta pernikahan tanpa WO agar lebih mudah dan murah .
Anda siap merancang pesta pernikahan murah dengan mudah tanpa WO?? Berikut tips-tipsnya:
1.      Bugeting (Penganggaran dana)
Lakukan rancangan alokasi dana untuk hal-hal yang utama terlebih dahulu disesuaikan anggaran anda lalu setelahnya untuk pengeluaran yang bersifat primer. Ini dilakukan untuk mengukur jumlah dana yang ada dengan pengeluaran yang diperlukan sehingga dapat memilah yang paling penting, penting atau pelengkap (sekunder).
Hal-hal utama  seperti : Biaya KUA (administrasi dan penghulu), Biaya Tenda, rias pengantin, pelaminan, biaya konsumsi tamu, biaya peminjaman tempat (jika tidak dirumah), biaya cetak undangan. Hal-hal primer yang perlu dialokasikan ketika yang utama sudah selesai yaitu : Biaya souvenir, biaya seragam keluarga dan panitia, biaya keamanan dan parker, biaya tak terduga. Bugeting dilakukan oleh anda calon pengantin minimal 5-3 bulan sebelum hari H (hari pelaksanaan).

2.      Buatlah time schedule (jadwal kegitan) dari yang utama sampai yang sekunder yang sudah anda rancang dalam bugeting, ini dilakukan untuk melihat perkembangan persiapan yang sudah atau belum dilakukan. Contoh time schedule :
Kegiatan
H-5bln
H-4bln
H-3bln
H-2bln
H-3mg
h-7
Ket. Minggu



4
3
2
1
4
3
2
7
6
5
4
3
2
1
H
A
R
I

P
E.
S
T
A
Membuat Bugeting
v
















Membuat time schedule
v
















Fiks waktu di KUA

v















DP Gedung/aula  (jika tdk dirmh)

v















DP Catering / Mencari Tukang masak

v
v














DP Rias pengantin, pelaminan dl

v
v
v













Cetak undangan



v













Pembentukan Panitia




v
v











Menyebar Undangan







v
v
v







Pembelian souvenir






v










Pemesanan Janur











v





Konfirmasi Penghulu
















v

Tempel time schedule di atas di tempat yang setiap hari kamu lihat, kamar tidur misalnya agar semua sesuai jadwal dan tidak keteter atau tertumpuk di bulan terakhir atau seminggu terakhir, sehingga anda terhindar dari stress.

3.      Fiksasi waktu di KUA dan menyelesaikan syarat administrasi KUA
Setelah menetapkan hari, tanggal dan waktu akad nikah maka segeralah melengkapi hal administrasi untuk mendapatkan jadwal nikah dan penghulu di KUA kecamatan yang biasanya kantornya berdekatan dengan Kantor Kecamatan. Berikut rincian administrasi yang perlu di lengkapi :
a.       Surat pengantar nikah dari RT/RW sesuai KTP Calon Pengantin Perempuan  (CPP) dan  Calon Pengantin Pria (CPPr) masing-masing  dengan membawa foto copy KTP,  Kartu Keluarga, untuk  CPPr surat keterangan nikah dilengkapi keterangan belum pernah menikah dengan tanda tangan CPPr, orang tua kandung RT/RW di atas  materai 6.000. Biaya sukarela atau ditentukan RT untuk pemasukan kas RT.
b.      Bagi CPPr selanjutnya minta surat keterangan Nikah dari kelurahan dengan membawa foto copy KTP CPPr, foto copy KTP bapak dan ibu,  foto copy Kartu Keluarga. Dari kelurahan akan mendapat Surat Keterangan Untuk Nikah (N-1), Surat Keterangan Asal Usul (N-2), Surat Keterangan Wali (N-3), Surat Keterangan Orang Tua (N-4). Dan apabila CPPr berbeda kecamatan dengan CPP maka memerlukan Surat Keterangan Numpang Nikah (PM-1) dari kelurahan asal CPPr. Biaya Rp.50.000-100.000. lalu menuju ke KUA Kecamatan tempat tinggal CPPr.
c.       Daftar Nikah di KUA yang dituju dengan membawa :
-          1 berkas lampiran dari KUA tempat tinggal CPPr.
-          Surat Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal CPPr (RT/RW)
-          Surat Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal CPP (RT/RW)
-          Surat (N-1), (N-2), (N-3), (N-4) dan surat Numpang Nikah (PM-1) dari kelurahan CPPr.
-          Surat Pernyataan belum menikah dari RT/RW.
-          Pas Foto 2x3 sebanyak 4 lembar dan 4x6 sebanyak 1 lembar
-          Foto Copy Akta Lahir CPPr dan Ijazah terakhir.
Biaya di KUA, administrasi Rp. 30.000, Infaq Al-Quran Rp.35.000, Buku PAnduan Rp. 10.000. Penghulu Rp. 500.000-700.000* (kisarannya dapat berubah).
      Penyelesaian administrasi dilakukan awal atau minimal H-4/3 bulan agar anda mendapat jadwal akad nikah sesuai yang anda rencanakan. Memudahkan anda berkonsentrasi ke hal berikutnya setelah hal ini selesai. Note: Penting mengetahui Nama Penghulu yang menikahkan dan No. Tlpnya untuk mengkonfirmasi atau mengingatkann pada H-1.
4.      Fiksasi Gedung/ Aula tempat Resepsi
Jika rumah anda tidak memungkinkan atau tidak mau direpotkan lagi dengan bersih-bersih setelah resepsi, maka peminjaman tempat menjadi solusi. Fiksasi gedung dengan membanyar DP (Duit Panjer) pada pengelola sebaiknya dilakukan selambatnya 5-3 bulan sebelum hari resepsi ini dilakukan agar tempat yang anda inginkan belum dipakai orang lain pada hari itu. Apalagi untuk tanggal-tanggal cantik seperti 15-01-2015, 15-02-2015 atau 15-10-2015 maka paling tidak booking tempat sudah setahun sebelumnya. Agar anda mendapat waktu dan tempat sesuai keinginan anda.
5.      Konsumsi
-             Mendata jumlah undangan dari CPP dan CPPr, biasanya undangan datang berpasangan maka untuk antisipasi jumlah konsumsi dua kali lipat jumlah undangan (belum temasuk anak jika tamu membawa anak)
-             Survey catering jika menggunakan jasa catering. Kemudia setelah fiks pada pilihan salahsatu catering maka membayar DP sebagai tanda jadi kerjasama. Hal ini baiknya dilakukan selambatnya 3 bulan sebelum.
-             Jika memasak sendiri (keluarga dan tetangga) maka mulailah dengan merancang menu dan mencari tenaga masak berbayar atau professional. Biaya saat ini berkisar Rp. 2.500.000-3.500.000. Catatan : Paralatan masak dilengkapi 2 minggu sebelum hari pelaksanaan.
6.       Fiksasi Rias Pengantin, Pelaminan, Tenda dan Kursi Tamu
Kelengkapan seperti Rias Pengantin, Pelaminan, Tenda dan Kursi Tamu sebaiknya dalam satu paket atau tempat karena biayanya harga lebih murah dengan perpaket disbanding pemeinjaman dari tempat yang berbeda-beda. Termasuk hiburan seperti orkes, organ tunggal dll sebaiknya satu paket dengan perlengkapan di atas. Fiksasi atau DP sebaiknya masimal 3 atau 2 bulan sebelum.  
7.      Cetak Undangan dan Penyebaran Undangan
Surat Undangan adalah gambaran dari pribadi pengantin dan perwakilan dari kedua calom mempelai beserta keluarga untuk mengundang atau memohon kehadiran kerabat-kerabet tercinta anda. Maka pilihlah kartu undangan yang sesuai dengan anda dan usahakan katu undangan sampai pada tamu yang dituju walaupun bukan anda yang mengantar. Sebelum mencetak undangan kita perlu mendata tamu yang akan diundang dari : Keluarga dekat, keluarga jauh, teman dekat, teman sekolah, teman kantor, tetangga dll.
Mencetak undangan maksimal 2 bulan sebelumnya untuk mengantisipasi adanya kesalahan, menuliskan atau mencetak nama-nama tamu di undangan  dan waktu yang panjang untuk penyebaran undangan.  Jika mau lebih ekonomis, cetak undangan dapat dilakukan 2 jenis. Undangan yang lux mewah atau cantik diperuntukan bagi teman kantor, rekan bisnis atau tamu istimewa, Undangan regular diperuntukan bagi tetangga, keluarga.
Penyebaran undangan dapat dilakukan sebulan sebelumnya untuk tamu-tamu jauh, walaupun saat ini media social memudahkan kita untuk mengundang tentunyya akan menjadi kehormatan tersendiri bagi tamu untuk mendapatkan undangan seara resmi melalui surat undangan.  Untuk tetangga dan keluarga dekat dengan tempat tinggal penyebaran undangan dapat dilakukan 2 minggu sebelum hari resepsi.

8.      Pembentukan Panitia
Pembentukan panitia dikakukan oleh keluarga calon Pangantin Perempuan  agar saat pelaksanaan lebih terkoordinir. Panitia terdiri dari orang-orang terdekat (tetangga atau teman) dan keluarga. Untuk Keluarga inti CPP dan CPPr baiknya tidak dilibatkan dalam kepanitiaan sehingga maksimal atau konsentrasi pada penyambutan tamu dan ramah tamah. Panita ini akan bekerja H-1 dan Hari H.
Susunan Panitia Penyelenggaraan Pesta pernikahan :
-       Seorang Penangung jawab keseluruhan (Pilihlah keluarga dekat yang terpercaya dan berpengalaman mendampingi pernikahan) baiknya berikan gambaran pekerjaan yang harus dilakukan, seperti pengecekan bidang-bidang dibawah ini, termasuk penangung jawab keuangan tak terduga di hari pelaksanaan.
-       Seorang Penangung jawab konsumsi (Pilihlah keluarga dekat atau teman dekat yang terpercaya untuk mengontrol persediaan konsumsi, pelayanan di meja makan dan penambahan makanan yang habis dimeja makan dll) sekaligus penanggung jawab keuangan konsumsi saat hari pelaksanaan berupa anggaran tak terduga.
-       Seorang Penangung jawab  acara
Beliau ini bertugas mematikan seluruh petugas acara resepsi telah di konfirmasi H-1 dan hadir 1 jam sebelum pelaksannan,seperti MC acara, Pembawa sambutan kedua mempelai, Pembaca Tilawah Al-Quran, Penyampai Khutbah nikah, Pembawa pembacaan Do’a,Saksi Pengantin   termasuk mengkonfirmasi penghulu pada hari akad nikah.
-       Tim Transportasi
Tim ini diperlukan saat menggunakan gedung atau peminjaman tempat untuk membawa konsumsi dan barang-barang dari rumah CPP.
-       Tim keamanan dan Parkir
Tim ini diperlukan saat anda menggunakan rumah pribadi tantunya butuh tenaga untuk parkir agar tidak menggangu kenyamanan lingkungan saat tamu parker disembarang tempat dan keamanan kendaraan para tamu. Tim ini juga dapat diperbantukan memasang janur sebelum H -1.
-       Tim Penerima Tamu (pagar ayu dan pagar bagus)
-       Tim bersih-bersih
Tim ini bertugas mengankut piring-piring kotor, cuci piring dan kebersihan tenpat resepsi.

Pembentukan panitia baiknya dikasanakan 2 bulan sebelum hari resepsi dan menyepakati seragam panitia. Jika tidak memungkinkan menyediakan seragam maka dapat menyepakati nuansa atau warna yang sama.

9.      Finishing
Finishing adalah sentuhan akhir dari persiapan-persiapan diatas:
-          Mengecek ulang pelaksanaan poin-poin diatas
-          Pembelian souvenir
-          Pembuatan nama CPP dan CPPr di selembar kertas kemudian dilaminating untuk diletakkan di janur kuning dan pembuatan arah jalan jika dirasa lokasi sulit atau rumit.
-          Penyediaan buku tamu dan alat tulisnya.
-          Kotak ampau.

10.  Perbanyak Do’a
Doa adalah kekuatan saat kita merasa tak berdaya dan butuh pertolongan. Anda dapat merancang dengan baik tetapi kita kembalikan pada takdir yang Allah swt suratkan untuk kita. Maka berdoalah, semoga rencana anda yang mengidamkan pernikahan g indah dan sempurna dapat lancar terlaksana. Dan tentunya selanjutnya pernikahan anda kedepannya menjadi keluarga sakinah, mawadah wa rohma dengan dikaruniai anak sholeh dan sholihah. Aamiin
Selamat merancang Penyelenggaraan Pernikahan anda, ini adalah satu diantara beberapa tips saya yang harap dapat membantu pasangan yang akan menikah, meminimalisir  stress karena semua sudah terorganisir sejak awal. Biaya yang murah  atau  mahal semua tergantung standar kita masing-masing utamakan yang penting baru setelahnya pelengkapnya. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada orang lain agar mereka terbantu. Semoga sukses dan bahagia selalu.



Tidak ada komentar: