Pesta Pernikahan adalah
acara yang sakral dan moment penting setiap orang termasuk anda tentunya ,
dengan harapanya dilakukan sekali seumur hidup. Gambara pernikahan yang
merupakan awal dari kehidupan baru, harapan baru, mimpi baru yang dibangun
tidak sendiri tetapi dengan pasangannya sehingga suses merancang perta
pernikahan adalah kunci sukses menyelenggarakannya. Dizaman serba
modern ini menyelenggarakan pernikahan dapat dilakukan dengan 2 cara,
pertama menggunakan WO (Wedding organizer), saat ini banyak sekali
penyedia layanan ini yang siap membantu dengan berbagai paket pernikahannya
mulai yang hanya hari H atau paket lengkap dari sebelum sampai hari H.
Tentunya dengan biaya WO sesuai dengan fasilitasnya. Kedua, Tanpa WO
(mandiri) calon pengentin akan lebih leluasa merancang konsep sesuai
keinginan and dan tentunya akan lebih murah dengan pengorganisasian yang
bagus. Kali ini saya akan membantu mencapai sukses dengan merincikan pengorganisasian
pesta pernikahan tanpa WO agar lebih mudah dan murah .
1. Bugeting
(Penganggaran dana)
Lakukan
rancangan alokasi dana untuk hal-hal yang utama terlebih dahulu disesuaikan
anggaran anda lalu setelahnya untuk pengeluaran yang bersifat primer. Ini
dilakukan untuk mengukur jumlah dana yang ada dengan pengeluaran yang
diperlukan sehingga dapat memilah yang paling penting, penting atau pelengkap
(sekunder).
Hal-hal
utama seperti : Biaya KUA (administrasi dan penghulu), Biaya Tenda, rias
pengantin, pelaminan, biaya konsumsi tamu, biaya peminjaman tempat (jika tidak
dirumah), biaya cetak undangan. Hal-hal primer yang perlu dialokasikan ketika
yang utama sudah selesai yaitu : Biaya souvenir, biaya seragam keluarga dan
panitia, biaya keamanan dan parker, biaya tak terduga. Bugeting dilakukan oleh
anda calon pengantin minimal 5-3 bulan sebelum hari H (hari pelaksanaan).
2. Buatlah
time schedule (jadwal kegitan) dari yang utama sampai yang sekunder yang sudah
anda rancang dalam bugeting, ini dilakukan untuk melihat perkembangan persiapan
yang sudah atau belum dilakukan. Contoh time schedule :
Kegiatan
|
H-5bln
|
H-4bln
|
H-3bln
|
H-2bln
|
H-3mg
|
h-7
|
||||||||||||
Ket. Minggu
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
H
A
R
I
P
E.
S
T
A
|
|||
Membuat Bugeting
|
v
|
|||||||||||||||||
Membuat time schedule
|
v
|
|||||||||||||||||
Fiks waktu di KUA
|
v
|
|||||||||||||||||
DP Gedung/aula (jika tdk dirmh)
|
v
|
|||||||||||||||||
DP Catering / Mencari Tukang masak
|
v
|
v
|
||||||||||||||||
DP Rias pengantin, pelaminan dl
|
v
|
v
|
v
|
|||||||||||||||
Cetak undangan
|
v
|
|||||||||||||||||
Pembentukan Panitia
|
v
|
v
|
||||||||||||||||
Menyebar Undangan
|
v
|
v
|
v
|
|||||||||||||||
Pembelian souvenir
|
v
|
|||||||||||||||||
Pemesanan Janur
|
v
|
|||||||||||||||||
Konfirmasi Penghulu
|
v
|
|||||||||||||||||
Tempel
time schedule di atas di tempat yang setiap hari kamu lihat, kamar tidur
misalnya agar semua sesuai jadwal dan tidak keteter atau tertumpuk di bulan
terakhir atau seminggu terakhir, sehingga anda terhindar dari stress.
3. Fiksasi
waktu di KUA dan menyelesaikan syarat administrasi KUA
Setelah
menetapkan hari, tanggal dan waktu akad nikah maka segeralah melengkapi hal
administrasi untuk mendapatkan jadwal nikah dan penghulu di KUA kecamatan yang
biasanya kantornya berdekatan dengan Kantor Kecamatan. Berikut rincian
administrasi yang perlu di lengkapi :
a. Surat
pengantar nikah dari RT/RW sesuai KTP Calon Pengantin Perempuan (CPP) dan Calon
Pengantin Pria (CPPr) masing-masing dengan membawa foto copy KTP, Kartu
Keluarga, untuk CPPr surat keterangan nikah dilengkapi keterangan belum pernah
menikah dengan tanda tangan CPPr, orang tua kandung RT/RW di atas materai
6.000. Biaya sukarela atau ditentukan RT untuk pemasukan kas RT.
b. Bagi
CPPr selanjutnya minta surat keterangan Nikah dari kelurahan dengan membawa foto
copy KTP CPPr, foto copy KTP bapak dan ibu, foto copy Kartu Keluarga. Dari
kelurahan akan mendapat Surat Keterangan Untuk Nikah (N-1), Surat Keterangan
Asal Usul (N-2), Surat Keterangan Wali (N-3), Surat Keterangan Orang Tua (N-4).
Dan apabila CPPr berbeda kecamatan dengan CPP maka memerlukan Surat Keterangan
Numpang Nikah (PM-1) dari kelurahan asal CPPr. Biaya Rp.50.000-100.000. lalu
menuju ke KUA Kecamatan tempat tinggal CPPr.
c. Daftar
Nikah di KUA yang dituju dengan membawa :
-
1
berkas lampiran dari KUA tempat tinggal CPPr.
-
Surat
Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal CPPr (RT/RW)
-
Surat
Rekomendasi Nikah dari tempat tinggal CPP (RT/RW)
-
Surat
(N-1), (N-2), (N-3), (N-4) dan surat Numpang Nikah (PM-1) dari kelurahan CPPr.
-
Surat
Pernyataan belum menikah dari RT/RW.
-
Pas
Foto 2x3 sebanyak 4 lembar dan 4x6 sebanyak 1 lembar
-
Foto
Copy Akta Lahir CPPr dan Ijazah terakhir.
Biaya di KUA, administrasi Rp.
30.000, Infaq Al-Quran Rp.35.000, Buku PAnduan Rp. 10.000. Penghulu Rp.
500.000-700.000* (kisarannya dapat berubah).
Penyelesaian
administrasi dilakukan awal atau minimal H-4/3 bulan agar anda mendapat jadwal
akad nikah sesuai yang anda rencanakan. Memudahkan anda berkonsentrasi ke hal
berikutnya setelah hal ini selesai. Note: Penting mengetahui Nama Penghulu yang
menikahkan dan No. Tlpnya untuk mengkonfirmasi atau mengingatkann pada H-1.
4. Fiksasi
Gedung/ Aula tempat Resepsi
Jika
rumah anda tidak memungkinkan atau tidak mau direpotkan lagi dengan
bersih-bersih setelah resepsi, maka peminjaman tempat menjadi solusi. Fiksasi
gedung dengan membanyar DP (Duit Panjer) pada pengelola sebaiknya dilakukan
selambatnya 5-3 bulan sebelum hari resepsi ini dilakukan agar tempat yang anda
inginkan belum dipakai orang lain pada hari itu. Apalagi untuk tanggal-tanggal
cantik seperti 15-01-2015, 15-02-2015 atau 15-10-2015 maka paling tidak booking
tempat sudah setahun sebelumnya. Agar anda mendapat waktu dan tempat sesuai
keinginan anda.
5. Konsumsi
-
Mendata
jumlah undangan dari CPP dan CPPr, biasanya undangan datang berpasangan maka
untuk antisipasi jumlah konsumsi dua kali lipat jumlah undangan (belum temasuk
anak jika tamu membawa anak)
-
Survey
catering jika menggunakan jasa catering. Kemudia setelah fiks pada pilihan
salahsatu catering maka membayar DP sebagai tanda jadi kerjasama. Hal ini
baiknya dilakukan selambatnya 3 bulan sebelum.
-
Jika
memasak sendiri (keluarga dan tetangga) maka mulailah dengan merancang menu dan
mencari tenaga masak berbayar atau professional. Biaya saat ini berkisar Rp.
2.500.000-3.500.000. Catatan : Paralatan masak dilengkapi 2 minggu sebelum hari
pelaksanaan.
6. Fiksasi
Rias Pengantin, Pelaminan, Tenda dan Kursi Tamu
Kelengkapan
seperti Rias Pengantin, Pelaminan, Tenda dan Kursi Tamu sebaiknya dalam satu
paket atau tempat karena biayanya harga lebih murah dengan perpaket disbanding
pemeinjaman dari tempat yang berbeda-beda. Termasuk hiburan seperti orkes,
organ tunggal dll sebaiknya satu paket dengan perlengkapan di atas. Fiksasi
atau DP sebaiknya masimal 3 atau 2 bulan sebelum.
7. Cetak
Undangan dan Penyebaran Undangan
Surat
Undangan adalah gambaran dari pribadi pengantin dan perwakilan dari kedua calom
mempelai beserta keluarga untuk mengundang atau memohon kehadiran
kerabat-kerabet tercinta anda. Maka pilihlah kartu undangan yang sesuai dengan
anda dan usahakan katu undangan sampai pada tamu yang dituju walaupun bukan
anda yang mengantar. Sebelum mencetak undangan kita perlu mendata tamu yang
akan diundang dari : Keluarga dekat, keluarga jauh, teman dekat, teman sekolah,
teman kantor, tetangga dll.
Mencetak
undangan maksimal 2 bulan sebelumnya untuk mengantisipasi adanya kesalahan,
menuliskan atau mencetak nama-nama tamu di undangan dan waktu yang panjang
untuk penyebaran undangan. Jika mau lebih ekonomis, cetak undangan dapat
dilakukan 2 jenis. Undangan yang lux mewah atau cantik diperuntukan bagi
teman kantor, rekan bisnis atau tamu istimewa, Undangan regular diperuntukan
bagi tetangga, keluarga.
Penyebaran
undangan dapat dilakukan sebulan sebelumnya untuk tamu-tamu jauh, walaupun saat
ini media social memudahkan kita untuk mengundang tentunyya akan menjadi
kehormatan tersendiri bagi tamu untuk mendapatkan undangan seara resmi melalui
surat undangan. Untuk tetangga dan keluarga dekat dengan tempat tinggal
penyebaran undangan dapat dilakukan 2 minggu sebelum hari resepsi.
8. Pembentukan
Panitia
Pembentukan
panitia dikakukan oleh keluarga calon Pangantin Perempuan agar saat pelaksanaan
lebih terkoordinir. Panitia terdiri dari orang-orang terdekat (tetangga atau
teman) dan keluarga. Untuk Keluarga inti CPP dan CPPr baiknya tidak dilibatkan
dalam kepanitiaan sehingga maksimal atau konsentrasi pada penyambutan tamu dan
ramah tamah. Panita ini akan bekerja H-1 dan Hari H.
Susunan
Panitia Penyelenggaraan Pesta pernikahan :
- Seorang
Penangung jawab keseluruhan (Pilihlah keluarga dekat yang terpercaya dan
berpengalaman mendampingi pernikahan) baiknya berikan gambaran pekerjaan yang
harus dilakukan, seperti pengecekan bidang-bidang dibawah ini, termasuk
penangung jawab keuangan tak terduga di hari pelaksanaan.
- Seorang
Penangung jawab konsumsi (Pilihlah keluarga dekat atau teman dekat yang
terpercaya untuk mengontrol persediaan konsumsi, pelayanan di meja makan dan
penambahan makanan yang habis dimeja makan dll) sekaligus penanggung jawab
keuangan konsumsi saat hari pelaksanaan berupa anggaran tak terduga.
- Seorang
Penangung jawab acara
Beliau
ini bertugas mematikan seluruh petugas acara resepsi telah di konfirmasi H-1
dan hadir 1 jam sebelum pelaksannan,seperti MC acara, Pembawa sambutan kedua
mempelai, Pembaca Tilawah Al-Quran, Penyampai Khutbah nikah, Pembawa pembacaan
Do’a,Saksi Pengantin termasuk mengkonfirmasi penghulu pada hari akad nikah.
- Tim
Transportasi
Tim
ini diperlukan saat menggunakan gedung atau peminjaman tempat untuk membawa
konsumsi dan barang-barang dari rumah CPP.
- Tim
keamanan dan Parkir
Tim
ini diperlukan saat anda menggunakan rumah pribadi tantunya butuh tenaga untuk
parkir agar tidak menggangu kenyamanan lingkungan saat tamu parker disembarang
tempat dan keamanan kendaraan para tamu. Tim ini juga dapat diperbantukan
memasang janur sebelum H -1.
- Tim
Penerima Tamu (pagar ayu dan pagar bagus)
- Tim
bersih-bersih
Tim
ini bertugas mengankut piring-piring kotor, cuci piring dan kebersihan tenpat
resepsi.
Pembentukan
panitia baiknya dikasanakan 2 bulan sebelum hari resepsi dan menyepakati
seragam panitia. Jika tidak memungkinkan menyediakan seragam maka dapat
menyepakati nuansa atau warna yang sama.
9. Finishing
Finishing
adalah sentuhan akhir dari persiapan-persiapan diatas:
-
Mengecek
ulang pelaksanaan poin-poin diatas
-
Pembelian
souvenir
-
Pembuatan
nama CPP dan CPPr di selembar kertas kemudian dilaminating untuk diletakkan di
janur kuning dan pembuatan arah jalan jika dirasa lokasi sulit atau rumit.
-
Penyediaan
buku tamu dan alat tulisnya.
-
Kotak
ampau.
10. Perbanyak
Do’a
Doa
adalah kekuatan saat kita merasa tak berdaya dan butuh pertolongan. Anda dapat
merancang dengan baik tetapi kita kembalikan pada takdir yang Allah swt suratkan
untuk kita. Maka berdoalah, semoga rencana anda yang mengidamkan pernikahan g
indah dan sempurna dapat lancar terlaksana. Dan tentunya selanjutnya pernikahan
anda kedepannya menjadi keluarga sakinah, mawadah wa rohma dengan dikaruniai
anak sholeh dan sholihah. Aamiin
Selamat merancang Penyelenggaraan Pernikahan
anda, ini adalah satu diantara beberapa tips saya yang harap dapat
membantu pasangan yang akan menikah, meminimalisir stress karena
semua sudah terorganisir sejak awal. Biaya yang murah atau mahal semua
tergantung standar kita masing-masing utamakan yang penting baru setelahnya
pelengkapnya. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada
orang lain agar mereka terbantu. Semoga sukses dan bahagia selalu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar